Lokakarya Penciptaan Seni Pertunjukan Multimedia:Kolaborasi Institut Kesenian Jakarta dan Asosiasi Teater Jakarta Selatan

Authors

  • Yola Yulfianti Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta Author
  • Dita Rachma Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta Author
  • Darlane Litaay ISBI Tanah Papua Author

Keywords:

Seni Pertunjukan, tari, teater, musik, kota, multimedia, urban

Abstract

Kerja Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan Institut Kesenian Jakarta terlaksana dengan bekerja sama dengan sebuah Asosiasi Teater Jakarta Selatan atau yang lebih dikenal dengan SINTESA. Terinspirasi oleh pembacaan kota melalui panggung yang merupakan konsep kreatif untuk memahami dan mengeksplorasi kota melalui pertunjukan panggung atau dikenal sebagai seni pertunjukan, lokakarya ini memberi pembekalan terkait sejumlah konsep seni urban dan praktik panggungnya. Pendekatan ini mengacu pada penggunaan seni pertunjukan, seperti teater, tari, atau performa, untuk merenungkan, merepresentasikan, atau memeriksa kembali berbagai aspek kota, termasuk sejarah, dinamika sosial, budaya, tantangan ekonomi, dan pengalaman warganya. Dengan upaya “membaca kota melalui panggung,” terbuka banyak pintu untuk merayakan, merenungkan, dan menghadapi berbagai aspek kompleks dalam kehidupan kota. Hal ini juga dapat menjadi cara yang kuat untuk memfasilitasi dialog, pemahaman, dan pertumbuhan komunitas. Kota sebagai inspirasi dituangkan dalam ekspresi melalui kerja intensif di studio dan bereksperimen dengan beragam media dan mencari kemungkinan lain bentuk karya penciptaan. Penemuan pendekatan proses penciptaan karya yang baru baik dalam tataran gagasan maupun dalam posisinya sebagai medium berkarya menjadi tujuan akhir kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Published

2024-07-10

How to Cite

Lokakarya Penciptaan Seni Pertunjukan Multimedia:Kolaborasi Institut Kesenian Jakarta dan Asosiasi Teater Jakarta Selatan. (2024). Jelajah Sinema: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-23. https://jelajah.fftv.ikj.ac.id/index.php/jurnal/article/view/6